Suasana peringatan hari Kartini tahun ini berjalan meriah, khususnya di Segarra, sebuah resto-pinggir pantai (beach-club) di sudut Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, 21 April lalu. Sang event organizer, Notaris Otty, pandai mengemas acara ini dengan sederhana bersamaan dengan hari ulang tahunnya yang ke-52 baru-baru ini. Para wanita berbusana kebaya dengan cantiknya. Tidak ketinggalan penyanyi Nia Daniati, Rita Dinah Kandi dan Machicha Mochtar pun ikut memamerkan kebayanya masing-masing. Tak ketinggalan pula, sebuah lomba yang selalu mengiringi acara Kartini-an digelar, yaitu lomba busana nasional.
Untuk memeriahkan acara, Otty pun menampilkan koleksi busana butiknya, OH Boutique, dengan peragawan dan peragawati dalam dan luar negeri.


Sementara itu penyanyi Nia Daniati yang belakangan senantiasa hadir dalam acara Otty, mengaku sudah lama kenal Otty, dan merasa nyaman berada di lingkungan notaris. Apalagi, katanya, kalau di lingkungan notaris ini mereka tidak membicarakan pekerjaan. Artinya pembicaraan berkisar pada masalah yang sifatnya jauh dari pekerjaan keseharian yang memakan enerji. Makanya ia senang.
Dalam beberapa kesempatan, Nia juga diajak keliling daerah untuk menghibur komunitas Otty, terutama yang tergabung dalam alumni Program Pendidikan Magister Kenotariatan FH Universitas Diponegoro. Kebetulan Otty Hari Chandra Ubayani, SH saat ini sebagai Ketua Umumnya, menggantikan Ketua Umum IPPAT Dr. Syafran Sofyan, SH.
Dalam acara ini juga ikut meramaikan sebagai penyanyi sekaligus pembawa acara, yaitu Sandro Tobing dan pedangdut Ricky Likoer, teman-teman Otty.
Otty Hari Chandra Ubayani, notaris Jakarta Selatan yang sampai kini kontinyu mengadakan acara, khususnya yang berkenaan dengan komunitas dan pengabdian masyarakat itu, merasa lebih nyaman dengan posisinya sekarang dan merasa bersyukur diberikan Tuhan segala sesuatunya : keluarga, pekerjaan, dan teman-teman. Sesekali ia bertanya pada K. Lukie Nugroho, SH dari medianotaris.com, sebaiknya bagaimana dia mengambil sikap dalam berorganisasi, baik itu di organisasi notaris atau PPAT, agar semuanya berjalan dengan baik dan nyaman tanpa mengganggu tugas utamanya sebagai notaris dan PPAT. Ia termasuk orang yang ingin menjaga hubungan baik dengan semua temannya, walau beda pemikiran.
Hasilnya, ia nyaman berada di lingkungan notaris, PPAT, Asosiasi Pengusaha Indonesia, alumni SMA, kuliah dan juga di lingkungan persatuan keluarga pahlawan nasional, serta bahkan lingkungan anak jalanan yang diasuhnya. Sedangkan di rumah, ia pun memiliki keluarga bersama sang Suami Brachim Rachmanto, SE, MSe, serta kedua buah hatinya Wirawan dan Windy.
Mengenai pribadinya, kurang tepat kalau menyamakan Otty dengan Ibu Kartini. Kartini merupakan sosok pahlawan wanita, sedangkan Otty seorang manusia biasa. Otty adalah wanita karir masa kini yang mewarisi semangat Kartini. Setidaknya, putri almarhum Jenderal Panoedjoe ini sudah berbuat sesuatu untuk sebagian bangsanya. Ia merupakan ibu dari puluhan anak yatim dan anak jalanan di Jakarta atau tempat lain di Pesantren yang dikelola temannya di Garut, atau setidaknya bagi puluhan korban banjir di berbagai lokasi di Indonesia.
Belum lama ini ia pun, melalui Ikatan Alumni Kenotariatan FH Undip mengadakan pelatihan untuk membekali calon notaris dalam menghadapi ujian kode etik bersama almamaternya Universitas Pancasila, Jakarta. Ia pun tidak membebani peserta dengan biaya yang besar, yaitu hanya Rp 250 ribu karena misi pengabdiannya tadi. Peserta membludak, dan Prof. Ade Saptomo, SH yang merupakan Ketua Prodi Kenotariataan FH Pancasila pun merasa puas bekerjasama dengan Otty dan timnya. Mereka pun kemungkinan akan mengadakan acara pencerdasan masyarakat, khususnya notaris, berupa diskusi atau seminar dengan skala besar.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, sebentar lagi pun ia akan aktif mengadakan acara sosial untuk kegiatan kampusnya atau anak kurang mampu saat puasa dan lebaran, yang merupakan agenda rutin diantara kesibukannya yang lain. Mungkin juga Otty akan memboyong artis lagi. Termasuk Dedy Dhukun, Mus Mujiono, Vina Panduwinata, atau Tito Sumarsono.
Selamat ulang tahun Otty Hari Chandra Ubayani. Selamat Hari Kartini.
Mungkinkah “Ibu” yang satu ini namanya masuk dalam daftar bursa kandidat Ketua Umum IPPAT mendatang?

Simak liputan video berikut.



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Kirim Komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas