Herdimansyah Chaidirsyah, S.H.

Herdimansyah Chaidirsyah, S.H.
Wakil Ketua Presidium dan Tim Verifikasi Kongres INI


Saat ini peserta kongres Ikatan Notaris Indonesia Yogyakarta, terutama yang terindikasi money politic, mungkin sedang cemas menunggu keputusan presidium soal hak suaranya. Sebentar lagi kongres lanjutan dilaksanakan setelah tim verifikasi dan pengawas menyelesaikan tugasnya dan diserahkan kepada presidium untuk diputuskan. Menurut Wakil Ketua Presidium INI Herdimasyah Chaidirsyah, S.H., keputusan adanya money politic atau tidak, serahkan kepada tim pengawas, Tim verifikasi melaporkan kepada tim pengawas yang melakukan pemeriksaan dan penilaian. Setelah itu tim pengawas memberikan laporan dan rekomendasi kepada presidium untuk diputuskan. Tim pengawas memberikan laporan atau rekomendasi ini kepada presidium berdasarkan bukti-bukti yang cukup dan tuntutan yang jelas.


medianotaris.com : apa komentar Anda kalau ada anggota presidium yang merangkap pada posisi tim verifikasi atau pengawas di kongres, misalnya?

Herdimansyah Chaidirsyah: tim verifikasi, tim pengawas dan tim pemilihan merupakan alat kelengkapan kongres yang baru kali ini dibentuk di kongres. Ini mengacu kepada aturan anggaran rumahtangga INI yang disusun di Lombok sebelumnya. Karena sosialisasi aturan ini belum baik, maka ketika membentuk tim ini dipilihlah orang-orang yang mengerti aturan yang dibuat di Lombok itu, yaitu para ketua pengurus wilayah. Itulah makanya mengapa orang-orang memegang posisi tim-tim inisebagian adalah para ketua pengwil yang paham betul aturan itu. Nantinya tim-tim seperti ini akan dibentuk sebelum kongres. Tentunya

yang memegang posisi di tim-tim itu adalah dari kalangan yang lebih luas. Sehingga nanti tidak ada lagi yang rangkap jabatan segala.

medianotaris.com : kapan kira-kira tim pengawas dan tim verifikasi menyelesaikan tugasnya?

Herdimansyah Chaidirsyah : menurut hasil rapat sebelumnya, sesuai rencana kerja tim-tim ini, diperkirakan mereka menyelesaikannya April ini. Setelah itu barulah semua pengurus lama, tim-tim, dan presidium berkumpul untuk menentukan kapan kongres dilaksanakan.
Menurut hasil rapat sebelumnya, kalau kerja tim-tim itu selesai, maka sebulan setelah itu kongres dilanjutkan. Jadi, bila tim pengawas dan tim verifikasi menyelesaikan pekerjaannya pada April maka kongres akan dilakukan Mei.


medianotaris.com : mengenai money politic, pendapat Anda?

Herdimasyah Chaidirsyah : money politic yang artinya adalah perbuatan yang merendahkan jabatan notaris. menurut norma umum saja perbuatan adalah perbuatan merendahkan martabat notaris. Apalagi dalam konteks jabatan notaris, jelas merupakan perbuatan yang merendahkan martabat notaris. Istilah suap ini sudah tentu tidak harus persis seperti yang tertulis, tapi ini harus dilihat secara keseluruhan dari maksud UUJN dan kode etik itu mengenai perbuatan yang merendahkan martabat notaris.

medianotaris.com : tetapi kalau tidak tercantum di dalam aturan secara tegas, membuka perdebatan?

Herdimansyah Chaidirsyah : keputusan untuk menentukan tentang money politic itu merendahkan martabat notaris (suap) atau tidak, kita serahkan kepada tim pengawas. Kalau tim pengawas menganggap itu bukan perbuatan yang merendahkan marbatat notaris (baca : suap), ya silakan saja.

medinotaris.com : jadi yang memutuskan terjadi suap atau money politic itu adalah tim pengawas? Bukan presidium?

Herdimansyah Chaidirsyah : ya, yang menentukan adalah tim pengawas, dan presidium hanya memutuskan berdasarkan laporan keputusan dan rekomendasi tim pengawas.

medianotaris.com : mengenai modusnya, apakah membiayai sesama peserta lain atau temannya sendiri apakah termasuk money politic atau perbuatan yang merendahkan martabat notaris?

Herdimansyah Chaidirsyah : kalau membiayai teman, mungkin saja bukan money politic. Atau misalnya ketua pengurus wilayah membayari anggotanya untuk keperluan kemudahan atau koordinir.tetapi kalau tindakan membayari ini disertai dengan permintaan atau menggiring kepada calon tertentu maka ini sudah tergolong suap.

medianotaris.com : seandainya di dalam pemeriksaan seseorang terlibat money politic, apa sanksinya?

Herdimansyah Chaidirsyah : melihat gambaran kongres di Yogyakarta yang lalu, presidium kira-kira akan memutuskan : ...jika seseorang terbukti terlibat money politic, akan kehilangan hak suara di dalam pemilihan.

medianotaris.com : kalau para peserta kongres yang terbukti terlibat ini dan kemudian dinyatakan kehilangan hak suara atau diskualifikasi, ternyata menolak putusan itu bagaimana? Kalau deadlock lagi bagaimana?

Herdimansyah Chaidirsyah :mau tidak mau, ya harus menerima.

medianotaris.com : kalau salah satu alasan money politic adalah biaya ikut kongres memberatkan peserta?

Herdimansyah Chaidirsyah : bohong kalau notaris-notaris dari daerah tidak mampu membiayai kepesertaannya di kongres. Asumsi saya adalah berdasarkan kenyataan bahwa ketika mereka menjadi notaris telah mengeluarkan biaya besar. Ini bukan rahasia lagi.

medianotaris.com : biaya hotel dan akomodasi lainnya kan tidak murah? termasuk membayar kontribusi peserta?

Herdimansyah Chaidirsyah : dulu ketika kongres di Yogyakarta tahun 1996 kami patungan membayar hotel, transpor dan lainnya. Sama saja kalau notaris ada acara pendidikan dan pelatihan, kan selalu membayar sendiri-sendiri, patungan.

medianotaris.com : apa hikmah di balik peristiwa penundaan pemilihan ketua umum di Yogyakarta Januari lalu? Sia-sia? Ada manfaatnya?

Herdimasnyah Chaidirsyah : ini adalah kesempatan untuk menegakkan peraturan dalam rangka menjaga martabat notaris. Sehingga nantinya bila ada lagi yang coba-coba melakukan hal yang sama maka akan pikir seribu kali. Hal-hal teknis yang terjadi kemarin akan menjadi acuan perbaikan peraturan di dalam anggaran rumahtangga sebelum kongres-kongres nantinya dilaksanakan. Sehingga kesalahan, kemandegan atau kekacauan akan bisa diminimalisir. Tidak seperti kongres di Yogyakarta Januari lalu. Terutama masalah money politic, nanti kalau perlu dipertegas dan diperinci agar tidak bisa merusak kongres.

medianotaris.com : kalau begitu, mengapa kemarin terjadi dugaan money politic?

Herdimansyah Chaidirsyah : kami tidak menyangka kalau para sarjana hukum ini bisa melakukan hal itu. Kita terlalu terpesona dengan pandangan orang bahwa organisasi notaris adalah organisasi yang dan solid.



Komentar Untuk Berita Ini (1)

  • Yani Jamiatusyarifah 25 April 2012 | 09:48

    Nila setitik rusak susu sebelanga, semoga segera teratasi hingga para kandidat notaris tidak terhambat krn dampak yg ditimbulkan oknum yg tidak bertanggung jawab. semoga Tuhan segera memberi petunjuk.. Amiiin..

Kirim Komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas