Herdimansyah Masuk Jajaran Pengurus INI

Setelah terpilih melalui pemilihan demokratis di Palembang, 21 Mei 2016, Ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia (INI) Yualita Widyadari, SH melantik Pengurus Pusat INI sore kemarin (15/6/2016). Pelantikan ini terasa istimewa karena dilakukan di Gedung Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU), Kementerian Hukum dan HAM, dan disaksikan Dirjen AHU mewakili Menteri Hukum dan HAM yang berada di luar negeri.

, misalnya anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidharto Danusubroto, Mantan Mensesneg Bambang Kesowo, SH, LLM, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Irjen Drs. Ari Dono Sukmanto, SH, MSi, Ketua Umum IPPAT Dr. Syafran Sofyan, SH, SpN, Majelis Pengawas Pusat Notaris, Komisi Yudisial, perwakilan PPATK dan lain-lain.
Dalam sambutannya Yualita menyatakan bahwa ini adalah pertama kalinya pelantikan pengurus pusat INI dihadiri pejabat Kementerian Hukum dan HAM serta pejabat tinggi lainnya yang terfilisiasi dengan INI.
Kehadiran para pejabat tinggi negara ini seakan menimbulkan optimisme baru terhadap profesi notaris dalam menjalankan tugasnya. Harapannya, para notaris dalam bekerja bisa tenang dan profesional karena organisasi berhadil menjaga hubungan luas dan baik dengan lembaga-lembaga terafiliasi, termasuk, khususnya Polri dan PPATK.
Dalam keterangannya kepada medinotaris.com Yualita yang sore terlihat lebih cantik dari sebelumnya, menyatakan bahwa dalam memilih anggota pengurus pusat yang utama adalah kapasitas seseorang. Kapasitas seorang anggota pengurus ini akan menentukan suksesnya program-program organisasi.
Keterangan ini disampaikan Yualita ketika ditanya sekitar anggota-anggota pengurus yang sebagian besar adalah para notaris muda. Menurutnya, pemilihan anggota pengurus olehnya adalah sesuai AD/ ART organisasi. Misalnya untuk anggota yang muda, dan belum 7 tahun jadi notaris, adalah sesuai aturan. Mereka harus dilibatkan sejak awal sebagai upaya pengkaderan.
Tak kalah menariknya, Yualita menyertakan Herdimansyah Chaidirsyah beserta beberapa timnya ke dalam struktur organisasi. Seperti kita ketahui Herdimansyah adalah salah satu pesaing Yualita dalam pemilihan di Kongres di Palembang bulan lalu. Herdimansyah adalah salah satu senior dalam organisasi INI. Salah satunya adalah sebagai Ketua Pengurus Wilayah DKI Jakarta.
Yualita mengajak seluruh notaris untuk bersama-sama menyukseskan program bersama untuk kemajuan profesi, menjaga martabat profesi. Untuk itu ia berjanji akan terbuka terhadap kritik, asal jangan lewat medsos. Caranya bisa lewat jalur yang ada sesuai aturan organisasi.
Sementara itu Ketua INI Bidang Organisasi Refki Ridwan, SH, MBA, SpN menyatakan bahwa pelantikan pengurus ini merupakan awal untuk mewujudkan janji (saat sebelum pengurus terpilih). Untuk itu langkah pertama adalah melakukan konsolidasi terhadap 32 provinsi, melakukan konferwil setelah lebaran nanti.
Diakui Refki, anggota kepengurusan banyak yang muda, namun dia optimis, dan tidak akan melakukan yang aneh-aneh kecuali melaksanakan keputusan Kongres INI di Palembang. Dia akan melaksanakan program yang diputuskan Kongres bersama seluruh anggota, termasuk kelompok kerja. Dalam hal ini, menurutnya, sudah tidak ada lagi kelompok merah, atau kelompok putih atau oranye. Yang ada adalah bahwa INI merupakan rumah bersama yang nyaman untuk semua.
Sedangkan Ketua Umum IPPA Syafran Sofyan dalam pidatonya mengajak seluruh notaris menatap ke depan untuk segera bekerja kembali demi profesionalitasnya sebagai pejabat umum.”Jangan terlalu banyak menoleh ke belakang lagi, kita berjalan ke depan. Kalau banyak menoleh ke belakang nanti nabrak,” katanya berseloroh seraya menyatakan bahwa tantangan profesi notaris semakin berat.
Khusus mengenai pelantikan, Syafran mengimbau para anggota pengurus bekerja tanpa pamrih, dan tidak melempem setelah dilantik.
Sementara itu salah seorang anggota pengurus baru dari Kabupaten Muko-muko, Bengkulu, Eyota Madius, SH, MM, MKn menyatakan optimis dalam melaksanakan program kerja sesuai keputusan Kongres INI yang lalu. Ia berharap seluruh anggota bekerjasama dengan baik agar cita-cita bersama notaris tercapai dengan baik.



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Kirim Komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas